CARA MEMBUKA CASH DRAWER RJ 11 TERHUBUNG KE MINI PRINTER DOT MATRIX USB DENGAN POS COMMAND DELPHI

kawan hibhib yang budiman. berawal dari permintaan user untuk membuat program Point Of Sale (POS) atau program toko minimarket yang harus suport sengan printer dot matrix usb 58mm dan cash drawer yang terhubung ke printer dengan konektor RJ11, dan alhamdulillah dapat berhasil dengan baik. walaupun harus melewati perjalanan yang tidak mudah, berkali kali brosing dan uji coba, gagal. sebagian besar saat brosing yang saya temukan adalah peinter yang menggunakan COM sebagai koneksinya. sementara kebutuhanya adalah menggunakwn USB.
bahasa yang saya gunakan adalah menggunakan bahasa delphi. pada mulanya membaca sebuah aricle yang bahasa juga sulit dimengerti karena bahasa inggris, heee. ini hasil brosing yang saya dapatkan
var
f:textfile;
Begin
assignfile(f);
try
rewete(f,’nama comport’);
//membuka laci uang dengan pos escape
writeln(f,chr(27),chr(220),…)
closefile(f);
except
showmessage(‘gagal membuka laci uang’);
end;
end;
saya coba berulang kali ternyata tetap gagal, sampai mengganti nama port dengan ‘USB002′ Sesuai dengan yang saya baca.
namun tetap gagal.
setelah melirik pada sebuah web, saya menemukan ada yang menggunakan uses printers pada delphi. itulah pertama kali titik terang yang saya dapatkan. kemudian saya coba sedikit ubah coding yang tadi menjadi..
var
f:textfile;
Begin
assignprn(f);
try
rewete(f,’nama comport’);
//membuka laci uang dengan pos escape
writeln(f,’tek yang akan di cetak’);
closefile(f);
except
showmessage(‘gagal membuka laci uang’);
end;
dan alhamdulillah coding ini word 100%.
struk pada mini printer keluar dan mencetak sesuai dengan yang saya tulis pada writeln.dan yang paling saya suka adalah, laci uang juga terbuka….
taraaa..
baik listing code selengkapnya sebagai berikut…
naik agan sekalian, sekian dulu. semoga bermanfaat.
happy berselancar di dunia maya…
bagi yang menemukwn artikel ini, silahkan komentar…
heee

// Sumber

1 komentar:

  1. rewete(f,’nama comport’);
    nama com port diisi bagaimana kalo printer menggunakan RJ45?

    BalasHapus

Entri Populer